Jumat, 01 April 2016



Tips Memperbaiki Aki Kering Yang Sudah Mati


Menemukan cara memperbaiki aki kering yang sudah mati tentunya akan menjadi keuntungan bagi pengguna motor maupun mobil dimana sekarang ini mayoritas telah menggunakan accu type kering yang di sebut juga dengan MF Battery (Maintenance Free). Artinya, jenis aki seperti ini memang bebas perawatan karena tidak lagi memerlukan pengisian air accu maupun zuur secara wajib dan berkala. Selain itu, peletakannya juga bebas ingin diposisikan tegak maupun miring tidak akan menjadi masalah.
Kelebihan menggunakan aki MF adalah lebih mampu bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi karena memakai separator khusus dan grid yang tahan terhadap korosi. Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari jenis aki basah, makanya akan lebih baik jika kita mempelajari cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah supaya bisa lebih berhemat. Saat ini bisa dibilang hampir seluruh peralatan elektronik mulai dari lampu emergency hingga sitem elektrikal mobil maupun motor mengaplikasikan aki MF sebagai penyimpan dan penyuplai tegangan DC nya.
Sebelum memulai praktek cara memperbaiki aki kering yang tekor, supaya terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk perlengkapannya.
Berikutnya Tahap Memperbaiki Aki Kering

Sampai pada tahap terakhir tersebut, artinya anda telah berhasil melakukan cara memperbaiki aki kering yang soak untuk sepeda motor atau mobil dengan mudah dan tepat.
Sekedar tips apabila anda membeli aki kering agar memperhatikan dan memahami kode angka yang terdapat pada bagian atas bodi aki. Kode tersebut adalah catatan awal pengecasan aki yang diberikan oleh pabrik. Misalnya 15.9.11 berarti aki tersebut telah di cas pertama kali oleh pabrik pada tanggal 15 bulan 9 tahun 2011. Jadi dengan demikian anda bisa mengetahui bahwa sudah berapa lama usia aki yang akan anda beli. Jadi misalkan anda membeli aki dengan kode yang telah melewati usia 4 bulan sejak awal pengisian, pastikan anda melakukan pengecasan terlebih dahulu sebelum anda gunakan, agar tegangan bisa terisi penuh secara maksimal. Semoga bermanfaat.
Daftar Harga Aki Kering
Merek / Type Spesifikasi Kisaran Harga
GS PREMIUM GTZ5S
Rp 150.000,-
YUASA YT7-C (YB5L-B)
12 V, 6 Ah
Rp 170.000,-
YUASA YTZ5-S
12 V, 3.5 Ah
Rp 205.000,-
G-FORCE GTZ7-S / YTZ7-S
12 V, 5,5 Ah
Rp 225.000,-
G-FORCE GM7A-4B / YTX7A-BS
12 V, 6 Ah
Rp 235.000,-
YUASA YTZ6-V
12 V, 5 Ah
Rp 245.000,-
G-FORCE GM9-4B / YTX9-BS
12 V, 8 Ah
Rp 290.000,-
G-FORCE GM12-BS / YTX12-BS
12 V, 10 Ah
Rp 375.000,-
G-FORCE GM14-BS / YTX14-BS
12 V, 12 Ah
Rp 420.000,-
YUASA YTX7L-BS
12 V, 6 Ah
Rp 440.000,-
Untuk informasi daftar harga aki yang lebih lengkap klik disini.
Penyebab Kerusakan Aki Kering
Baik aki kering maupun aki basah sebenarnya tetap memerlukan perawatan. Dimaksudkan disini adalah perawatan aki dalam masa pemakaian serta cara memperlakukannya untuk mendapatkan usia pakai yang lebih lama atau awet. Misalkan untuk motor maupun mobil, jika dalam waktu yang lama mesin jarang sekali dinyalakan, ini juga dapat menyebabkan aki cepat drop karena suply pengisian kurang maksimal. Untuk menjaga agar aki lebih awet, meskipun tidak ada aktifitas berkendara, sebaiknya tetap diberikan pemanasan mesin setidaknya 2 hari sekali sekitar 15 menit.
Menjaga kebersihan aki juga akan memberikan manfaat yang baik untuk usia pakai. Dengan rajin membersihkan body serta SEL aki, akan menghindarkan dari penumpukan material (kerak) yang kemungkinan juga akan dapat menyebabkan hubungan arus pendek sehingga aki mudah soak dan lekas mati.
Selalu memeriksa kondisi sekering (fuse) sebagai pengaman kelistrikan mobil dan motor. Sekering ini sangat penting karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar